Jumat, 13 Maret 2015

SULAWESI SELATAN - PANGKEP

TAMAN PURBAKALA SUMPANG BITA


Baiklah guys, tempat kedua yang saya kunjungi di Kabupaten Pangkep ini adalah Taman Purbakala Sumpang Bita... Lokasi ini merupakan Situs Purbakala yang menyimpan Sejarah Masyarakat Prasejarah Indonesia... Yuk dieksplor!!!
Tepat di Taman Purbakala Sumpang Bita, terdapat goa yang didalamnya terdapat Lukisan Manusia Purba. Dalam Kompleks Taman Purbakala Sumpang Bita, terdapat dua buah goa yang memiliki peninggalan manusia purba, yaitu Goa Sumpang Bita Dan Goa Bulu Sumi...
Kompleks Gua Sumpang Bita terletak di Desa Sumpang Bita, Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkajene (Pangkajene Kepulauan).


Gua Sumpang Bitta ditemukan oleh Frist dan Paul Sarassin dari Swiss pada tahun 1902. Gua ini merupakan peninggalan dari penduduk Toala yang berarti orang bertempat tinggal di hutan. Di dalam gua itu terdapat beberapa lukisan seperti telapak tangan orang dewasa dan anak-anak, telapak kaki, rusa, babi, ayam, dan sebuah sampan atau perahu. Semua gambar-gambar ini berwarna merah karena merah melambangkan keberanian. Warna ini terbuat dari hematite atau oker yang dikunyah hingga hancur disemprotkan ke telapak tangan yang telah diletakkan di dinding gua.
 


Pokoke seru deh!!! Tempat ini sangat luasss.... Menuju goa saja harus melewati anak tangga yang jumlahnya ratusan, jalannya pun menanjak sekitar 200 meter ke atas... Huaaaa, capek banget guys... Yang jelas, kamu harus mempersiapkan air minum sebelum menaiki anak tangga satu per satu... Buat yang suka mendaki, ini adalah tantangan buat kamu!!! ^_^

0 komentar:

Posting Komentar