Senin, 30 Maret 2015

SULAWESI SELATAN - WAJO

DANAU TEMPE


Guys, tempat kedua yang saya kunjungi di Kabupaten Wajo adalah Danau Tempe... Yah, danau yang terkenal di Kabupaten Wajo ini...
Danau Tempe merupakan danau yang terletak di bagian Barat Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, tepatnya di Kecamatan Tempe, sekitar 7 km dari Kota Sengkang menuju tepi Sungai Walanae. Danau Tempe yang luasnya sekitar 13.000 hektar ini memiliki spesies ikan air tawar yang jarang ditemui di tempat lain. Hal ini karena danau tersebut terletak di atas lempengan benua Australia dan Asia. Danau ini merupakan salah satu danau tektonik di Indonesia.
Danau Tempe memperoleh pasokan air dari Sungai Bila dan anak sungainya Bulu Cenrana. Selain memasok air, kedua sungai tersebut juga menyebabkan pendangkalan akibat tingginya erosi di bagian hulu.
Nah, ketika saya berkunjung ke lokasi ini, ternyata lagi banyak lumpur guys.... Kata nelayannya, menyeberang ke Danau Tempe saat musim kemarau kurang baik, soalnya banyak lumpur, air danau lebih dangkal dari biasanya...
Yahhh, gak bisa nyeberang deh guys, padahal penasaran banget mau liat Danau Tempe... Ya sudah, lain kali aja ya mungkin... Untuk biaya transport ke Danau Tempe, kamu harus menyiapkan sekitar 50ribu, lumayan murah kok... So, janganlah ke Danau Tempe saat musim kemarau tiba!!!

0 komentar:

Posting Komentar