Senin, 23 Maret 2015

SULAWESI SELATAN - BONE

MUSEUM LAPAWAWOI


Assalamu 'alaikum guys... wahh, baru sempat nulis lagi... Masih di Kabupaten Bone, saya akan menuju tempat wisata lain yang gak kalah seru dibanding goa mampu... Yap, Museum Lapawawoi merupakan museum yang menyimpan benda-benda peninggalan dari Kerajaan Bone... Yuk dieksplor!!!
Museum Lapawawoi menempati bangunan bekas Istana Andi Mappunyokki Raja Bone ke-32. Didirikan pada 5 Januari 1971 oleh Bupati Bone, H. Suaib. Nama museum ini diambil dari nama seorang Raja Bone ke-31 yang telah diakui sebagai pahlawan nasional, yaitu La Pawawoi Karaeng Sigeri. La Pawawoi yang lahir pada 1835 merupakan pahlawan Perang Bone I, II, III, dan IV melawan Belanda. Tanggal 14 Desember 1906 beliau ditawan dan diasingkan ke Bandung. Setelah beliau bertemu dengan Gubernur Jenderal Belanda, beliau mengucapkan ikrar tantangan yang berbunyi, “Biar tubuhku menghadap/ tertawan, hatiku pantang menyerah kepada kompeni”. Beliau wafat tanggal 17 Januari 1911.
Sayangnya guys, waktu saya ke sana, ternyata tempatnya lagi diperbaiki... Ya sudah, ngintip dari luar saja guys...
Museum ini letaknya di Kota Bone, tepatnya di Jl. M.H. Thamrin No. 9, Watampone... Aksesnya cukup mudah, namun untuk melihat-lihat ke dalam saya belum tahu retribusi dan lain-lainnya kayak gimana... Lain kali deh, kalau sempat ke Bone, mampir ke sini lagi guys!!! hihihihi

0 komentar:

Posting Komentar