Senin, 30 Maret 2015

SULAWESI SELATAN - WAJO

AGROWISATA SUTERA


Jalan-jalan berkeliling Sulawesi Selatan sungguh menyenangkan... Banyak kekayaan wisata alam yang dipamerkan oleh pulau berbentuk huruf K ini... Mumpung ada di daratan Sulawesi Selatan, tak ada salahnya mengelilingi daerah-daerah yang ada di dalamnya... Setiap daerah memiliki keunikan tersendiri, seperti di Kabupaten Wajo, yang memiliki pesona lain daripada yang lain, yaitu agrowisata sutera...
Ketika itu, saya berkeinginan untuk mengunjungi kabupaten ini, sehingga terbersit dalam pikiran saya untuk mencari tempat penginapan... Kebetulan saya berencana untuk menginap di salah satu rumah senior saya, Kak Zulkarnain Husain di Bone... Thank you very much atas tumpangannya selama saya berkeliling Kabupaten Bone dan Wajo... hehehe
Baik guys, to the point saja, kita menuju agrowisata di Kota Sengkang ini...
Agrowisata Sutera menjadi salah satu andalan tempat wisata di Sulawesi Selatan tepatnya di Kabupaten Wajo. Mulai dari tahap penanaman murbai hingga proses pembuatan kain Sutera sudah lama menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Wajo. Kain Sutera sudah mendunia akan kelembutan dan kehalusan yang dihasilkan dari lembaran benang yang sudah dipintal.
Lokasi pembibitan dan penanaman murbai terletak pada beberapa desa di Kecamatan Sabbangparu sekitar 10 km sebelah selatan Kota Sengkang, yaitu jalan menuju Kabupaten Soppeng. Di Tempat Agrowisata Sutera Sengkang ini, wisatawan dapat menyaksikan proses penanaman murbai, cara memelihara ulat sutera, proses pemintalan benang sutera, hingga cara menenun kain sutera. Khususnya produk sutera yang berupa kain sarung, kemeja, dasi, dan berbagai cinderamata dan kain sutera seperti kipas dan tas.
Beberapa show room sutera yang ada di kota Sengkang menyediakan berbagai macam warna maupun motif yang indah. Motif yang banyak diminati masyarakat umumnya motif Bugis dan motif menyerupai ukiran-ukiran Toraja, kain sutera yang menjadi ciri khas Selawesi Selatan yang sudah dikenal seluruh dunia bahkan kain sutera yang dihasikan sudah menembus pasar dunia.
Anda dapat mengunjungi lokasi pemintalan kain sutera yang berlokasi di Kota Sengkang, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan yang dapat diakses dari kota Sengkang sekitar 250 km arah Utara Kota Makassar dan dapat dicapai mengunakan kendaraan roda empat selama sekitar 7 jam.

0 komentar:

Posting Komentar