Senin, 11 Mei 2015

SULAWESI SELATAN - PALOPO

MESJID JAMI TUA


Selamat berjumpa kembali guys... Kali ini nih, saya akan menceritakan pengalaman saya ketika berkunjung ke Kota Palopo...
Sebenarnya saya penasaran ingin melakukan perjalanan yang panjang menuju kota Palopo... Akhirnya, saya pun memutuskan untuk mengendarai motor dari Makassar menuju ke Palopo... Soalnya, saya penasaran juga sih, Palopo itu seperti itu... Ya sudah, eksekusi!!! hihihi
Hari itu ketika hendak memulai perjalanan, saya bangun sangat pagi.. Agar nantinya saya bisa sampai di sana ketika menjelang sore... Dan, saya pun berangkat pada pukul 07.00 WITA... Bismillah, saya akan memulai perjalanan yang sangat panjang... hmmmm
Selama perjalanan, saya melewati beberapa kabupaten tentunya... Mulai dari Kabupaten Maros, Pangkep, Barru, Pare-pare, Sidrap, Enrekang, Tana Toraja, dan sampai deh di Palopo... Guys, jalan menuju ke Palopo itu sesuatuuuuuu.... hufffttt
Sepanjang perjalanan saya menikmati panorama alam di sekeliling jalan... Ada satu nih yang saya keluhkan selama perjalanan, yakni ketika berada di Kabupaten Barru yang panjangnya ampuuuuunnn banget... hueeee
Tapi, Kabupaten Barru masih mending guys dibandingkan Kabupaten Enrekang... Sudah jalanan ada yang rusak, berkelok-kelok, sempit, dan panjang lagi... huaaaaaa
Tapi Kabupaten Enrekang memiliki keunikan tersendiri, yakni menyuguhkan panorama pegunungan yang menakjubkan... wahhh, indahnya alam!!
Setelah itu, di Kabupaten Toraja, saya harus menghadapi jalan bergelombang dan agak rusak di poros Makale-Rantepao... Huaaaaa, stres banget dapat jalanan kayak gini guys!!! Untungnya, jalan poros Rantepao-Palopo lumayan mulus lah... Dan akhirnya, sampailah saya di gunung Latimojong....
Di jalanan gunung ini, adalah pertama kalinya saya merasakan dingin yang sangat disertai kabut yang menghalangi pandangan mata... Belum lagi nih, tantangan yang harus saya hadapi, yakni harus berhati-hati jikalau terjadi longsor... Wah, semoga Allah melindungi setiap langkahku, amin...
Daaaaannn, alhamdulillah setelah melalui jalan yang panjang ini, saya pun tiba di Palopo pada pukul 15.30 WITA... ckckckck, nekad ya... hahaha
Akhirnyaaaaaa, saya pertama kali menginjakkan kaki di Kota Palopo ini....
Dan, tentunya, ada tempat wisata yang wajib saya kunjungi di sini... Yakni, Mesjid Jami Tua yang dibangun pada tahun 1600-an, mesjid yang terkenal di Palopo... Simak yuk perjalanan religi di Mesjid Jami Kota Palopo....
Masjid Tua Palopo merupakan masjid peninggalan Kerajaan Luwu yang berlokasi di kota Palopo, Sulawesi Selatan. Masjid ini didirikan oleh Raja Luwu yang bernama Datu Payung Luwu XVI Pati Pasaung Toampanangi Sultan Abdullah Matinroe pada tahun 1604 M. Masjid yang memiliki luas 15 m² ini diberi nama Tua, karena usianya yang sudah tua. Sedangkan nama Palopo diambil dari kata dalam bahasa Bugis dan Luwu yang memiliki dua arti, yaitu: pertama, penganan yang terbuat dari campuran nasi ketan dan air gula; kedua, memasukkan pasak dalam lubang tiang bangunan. Kedua makna ini memiliki relasi dengan proses pembangunan Masjid Tua Palopo ini...
Mesjid Tua Palopo berukuran 15 m x 15 m. Bahannya terbuat dari kayu. Bangunan ini memiliki pintu mesjid, tiang tumpang dua sebanyak 4 buah, tiang soko guru 1 buah, mihrab, dan mimbar. Pintu mesjid mempunyai tonjolan seperti sayap pada kedua sisinya. Atapnya berbentuk tumpang terdiri atas 3 susun yang terbuat dari sirap. Tiang utamanya terbuat dari kayu lokal.
Sebagian masyarakat percaya bahwa bagi orang yang datang ke Kota Palopo, belum dikatakan resmi menginjakkan kaki di kota ini apabila belum menyentuh tiang utama Masjid Tua Palopo yang terbuat dari pohon Cinaduri, serta dinding tembok yang menggunakan bahan campuran dari putih telur. Oleh karena itu, masjid ini tidak pernah sepi dari jemaah, khususnya pada bulan Ramadhan, setiap selesai shalat dhuhur hingga menjelang berbuka puasa, biasanya para jamaah tetap tinggal di masjid untuk mengaji, tadarrus Alquran, dan berzikir. Jamaah yang datang bukan hanya warga Kota Palopo, tetapi banyak juga yang datang dari kabupaten tetangga, seperti Luwu, Luwu Utara, Sidrap, dan Wajo.
Masjid Jami Tua Palopo terletak di kota Palopo, salah satu kota yang terdapat di Sulawesi Selatan, Indonesia. Nah, kalau kamu tertarik, kunjungilah salah satu mesjid tertua di Sulawesi Selatan ini!!!

0 komentar:

Posting Komentar