Jumat, 27 Februari 2015

SULAWESI SELATAN - MAKASSAR

MONUMEN MANDALA


Baiklah guys.... Sekarang saya mau menceritakan tentang Monumen Mandala di Makassar.... Sebenarnya dari dulu pengen banget naik ke monumen mandala buat liat kota Makassar dari atas... Emang bisa ya? Gak tau juga sih, soalnya gak pernah coba... Tapi, yang terpenting adalah kita mengetahui untuk apa monumen itu dibangun...
Monumen Pembebasan Irian Barat atau lebih dikenal sebagai Monumen Mandala adalah pengingat atas keberhasilan Indonesia merebut kembali untuk pembebasan wilayah Irian Barat (sekarang Papua) yang bergolak pada 1962 ke pangkuan Ibu Pertiwi. Ketika itu Indonesia masih dipimpin presiden pertama RI, Soekarno. Meskipun Indonesia telah memproklamirkan kemerdekaan hampir 20 tahun, namun Belanda masih menguasai wilayah Irian Barat. Tinggi Menara Monumen yang mencapai ketinggian 62 meter merupakan simbol tahun 1962, tahun terjadinya perjuangan pembebasan Irian Barat.
Lalu, mengapa monumen ini dibangun di Makassar? Karena perjuangan dimulai dari kota ini. Di sinilah bermarkas pasukan pembebasan Irian Barat.
Gak banyak sih yang bisa dilakukan di sini.... Gak seramai Monumen Nasional (Monas) di Jakarta... Yah, sepi gitu deh... Tapi kalau mau lihat-lihat boleh kok... Monumen ini tepatnya berada di pinggir jalan, depan RS Pelamonia atau di samping Balai Jenderal M. Yusuf... Enjoy it!!!

0 komentar:

Posting Komentar