Selasa, 10 Februari 2015

SULAWESI SELATAN - GOWA

MAKAM SYEKH YUSUF


Satu lagi nih guys, kuburan yang akan saya kunjungi di Gowa... Makam Syekh Yusuf...
Syekh Yusuf yang sering disebut dengan Tuanta Salamaka, sebenarnya memiliki lebih dari satu makam yang antara lain terletak di Afrika, Srilanka, Banten, Sumenep (Madura), dan makamnya di Makassar sendiri terletak di Jl.Syekh Yusuf, tepat di garis perbatasan Kota Makassar dengan Kab.Gowa. Wah, yang mana nih yang benar??? hehehe


Nah, guys... Saya kasitau ya, sebenarnya waktu pertama kali saya ke sini, saya kaget... Ternyata, banyak skali orang yang mengunjungi tempat ini... Tapi awalnya saya tidak pernah membayangkan akan seramai ini... Tapi, hati-hati ya... Butuh pengeluaran yang banyak saat akan berziarah ke tempat ini.... Gimana ceritanya? Pertama, kamu akan bayar uang masuk, sekitar 20ribuan lah... Trus, nanti kamu bakalan diminta untuk membeli bunga-bungaan untuk siraman makamnya Syekh Yusuf... Yah, sekitar 10ribu lah... Belum uang parkirnya, belum untuk si pendoanya yang sudah stand by di dalam... huuffffttt (Mommyy, help meee)


Sebenarnya niat awalnya cuma penasaran aja pengen liat2 makamnya... Gak lebih dari itu... Tapi, untuk berziarah ke makam ini, rupa-rupanya ada prosedurnya juga yang rumit banget.... Si pendoa itu bercerita kalau banyak juga orang yang berdatangan untuk meminta rezeki, jodoh, dimudahkan urusannya, dan lain-lain... Kalau menurut saya ironis sih (maaf), bukannya gimana ya, karena ini masalah keyakinan... Belum lagi, dompet terkuras habis gara-gara masuk ke tempat ini... huaaaaaaa
Sepertinya tempat ini bisa dijadiin ajang pencarian duit deh, lumayan tuh dapat 20-50ribu per hari... Kerja sambilan ahhh!!! hahahaha

Tapi seru sih, walaupun saya gak terlalu suka dengan tempat ini... Makam ini gak kayak makamnya Sultan Hasanuddin yang gak punya pendoa-pendoa dan penjual bunga...

Nah, kalau kamu mau mengunjungi makam Syekh Yusuf, bersiaplah membawa banyak pundi-pundi, minimal kamu bawa 70ribu lah untuk jaga-jaga... Apalagi yang dari daerah jauh, butuh uang bensin dan uang makan di jalan kan...?? wkwkwkwk

0 komentar:

Posting Komentar