Sabtu, 14 Februari 2015

SULAWESI SELATAN - JENEPONTO

EKS PACUAN KUDA BINAMU


Hallo guys! Ketemu lagi dengan penulis blog yang lebay ini... Kali ini saya berniat untuk menulis tentang kuda... Tahu tidak? Bahwa masyarakat Jeneponto sudah akrab dengan yang namanya kuda...!!
Di Kabupaten Jeneponto, hampir setiap rumah penduduk terdapat kuda yang ditambatkan didalam kandangnya. Berlatar belakang dari hal itu, sehingga Pemerintah Jeneponto menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang melibatkan kuda sebagai alat utama yang sering digelar di wilayah ini, yakni pacuan kuda. Guna melestarikan simbol budaya yang sudah turun temurun.


Guys, ini adalah salah satu tempat pacuan kuda yang terkenal di Jeneponto... Sayangnya, sekarang tempat pacuan kudanya udah dipindahin ke Kecamatan Bangkala.... Waaaaah,  padahal udah jauh-jauh datang ke kota Jeneponto.... Kirain masih di sini nih pacuan kudanya... hmmmm


Waktu saya tanya penduduk sekitar, mengapa sampai dipindahkan? Mereka bilang kalau tempat ini bakalan dibuat semacam resort untuk pariwisata Jeneponto... Hmmm, ya sudahlah... yang penting kegiatan pacuan kudanya tetap jalan, walaupun tempatnya sudah dipindahkan...

Budaya Pacuan Kuda perlu dikembangkan dan dilestarikan, karena dengan adanya kegiatan seperti ini tentunya dapat menumbuhkan semangat masyarakat dalam beternak kuda, apalagi sejak dahulu kala Kabupaten Jeneponto sangat dikenal sebagai penghasil kuda terbesar di Sulawesi Selatan. Selain dari pada itu, kuda pun merupakan makanan khas orang Jeneponto. 
Salut buat pemerintah Jeneponto yang masih mempertahankan tradisi ini...!!!

0 komentar:

Posting Komentar