Rabu, 06 Desember 2017

SULAWESI TENGAH - PALU

JEMBATAN PALU IV


Guys, kita sudah jalan-jalan ke Tugu Perdamaian dan Pantai Talise. Next, kita akan menuju ke jembatan... Agak aneh ya kedengarannya, tapi nih guys, jembatannya bukan jembatan sembarangan... Penasaran kayak gimana? Yuk diintip... ^_-
Jembatan Palu IV atau Jembatan Ponulele merupakan sebuah jembatan yang terletak di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia. Jembatan ini diresmikan pada Mei 2006 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Jembatan ini membentang di atas Teluk Talise ini berada di kelurahan Besusu dan Lere, yang menghubungkan kecamatan Palu Timur dan Palu Barat. Jembatan kuning ini merupakan jembatan lengkung pertama di Indonesia. Panjang jembatan utama 250 m, titik tertinggi lengkung jembatan 20,2 m dari badan jembatan, dan lebar jembatan 7,5 m, sedangkan luas permukaan besi total jembatan 6234,40 meter persegi.
Jembatan ini dibangun melintasi delta yang sudah lama terbentuk untuk pondasi tiang tengah jembatan. Meski tiangnya dibangun di atas delta, pondasi jembatan ini sangat kokoh karena berada di atas lapisan tanah yang keras pada kedalaman 6 sampai 28 meter.
Ini bukti bahwa kota Palu memiliki keanekaragaman landscape alam, mulai dari gunung, lembah, laut, yang menjadi daya tarik dan tidak dimiliki ibukota provinsi lainnya di Indonesia. Kita patut menjaganya, menceritakan kemegahan Kota Palu melalui jembatan ini kepada khalayak ramai. Pesona wisata jembatan palu IV adalah suatu landmark yang menjadi ikon utama kota Palu. Tempat ini paling sering dikunjungi wisatawan yang hobi berfoto. Biasanya foto-foto keindahan jembatan kuning Talise ini dilakukan malam hari.
Jembatan Palu IV sangat mudah dijangkau dari Kota Palu. Sehingga, belum dikatakan sah jika belum berfoto di jembatan ini... ^_^

0 komentar:

Posting Komentar