Senin, 10 Agustus 2020

BALI - BANGLI

PURA ULUN DANU BATUR


Selamat berjumpa kembali guys... Setelah beberapa waktu tidak sempat menulis, akhirnya pada hari ini saya akan kembali menceritakan perjalanan saya bersama istri saat mengunjungi Bali... Tentunya, tempat wisata di Bali berbeda dengan daerah asal saya, yakni banyak Pura atau tempat ibadah masyarakat Hindu di Bali yang indah dan menawan... Salah satunya adalah Pura Ulun Danu Batur yang banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara...

Pura Ulun Danu Batur jadi destinasi wisata yang menarik saat berkunjung ke Kintamani, Pulau Bali. Pura yang satu ini dikenal sebagai pura paling penting kedua di Pulau Bali. Tentunya setelah Pura Besakih. Jadi tidak heran kalau upacara keagamaan Hindu pun kerap dilakukan di tempat ini.

Pura Ulun Danu Batur ini juga dikenal sebagai sebuah pura yang mempunyai usia sangat tua. Pura yang didirikan pada tahun 1926 ini pun dikenal dengan beberapa nama. Di antaranya adalah Pura Ulun Danu, Pura Batur ataupun pura Bat.

Masyarakat Hindu di Kintamani mendirikan Pura Ulun Danu Batur ini sebagai bentuk penghormatan kepada Dewi Danu yang dikenal sebagai dewi sungai dan danau. Dan secara literal, Ulun Danu yang digunakan pada nama pura ini mempunyai arti dewi danau.

Pura Batur ini merupakan sebuah kompleks yang terdiri dari sembilan pura. Di dalamnya pun terdapat sebanyak 285 paviliun dan candi. Paviliun serta candi yang ada di pura ini pun dibangun secara khusus untuk penghormatan kepada dewa dan dewi kesuburan, air, seni dan lain-lain.

Pura ini juga mempunyai lima area utama. Dan yang paling dominan di tempat ini adalah meru 11 tingkat yang terletak pada bagian terdalam serta area paling suci dari Pura Batur. Selain itu, terdapat tiga meru 9 tingkat yang didedikasikan untuk Gunung Batur, Gunung Abang serta Ida Batara Dalem Waturenggong, raja yang pernah memerintah Dinasti Gelgel pada rentang antara 1460 hingga 1550.

Menurut sejarahnya, dulu terdapat sebuah pura bernama Pura Batur yang lokasinya berada di bawah kaldera dan kaki Gunung Batur. Namun Pura Batur tersebut beserta dengan Desa Batur yang ada di sana mengalami kerusakan parah karena terjadi bencana letusan gunung pada tahun 1926.

Sejak itu, masyarakat setempat pun akhirnya memilih untuk mengungsi serta memindahkan lokasi Pura Batur. Lokasi barunya pun kini terletak pada bagian atas kaldera. Dan hingga kini, Pura Ulun Danu Batur pun masih terjaga dan berdiri dengan kokoh.

Pura Ulun Danu Batur ini terletak di Desa Kalanganyar di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Pulau Bali. Pura ini berjarak kurang lebih 30 kilometer dari pusat kota Bangli. Dan berada di dataran tinggi, suasana di Pura Batur ini pun cukup dingin. Tak hanya itu, pemandangan di sini juga sangat indah.

Untuk menuju ke lokasi Pura Ulun Batur pun tidak terlalu sulit. Terlebih secara umum fasilitas transportasi di Pulau Bali memang cukup bagus. Terutama karena Pulau Bali merupakan destinasi wisata yang sangat populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan asing. Terutama karena tempat ini memang mempunyai desain yang menarik dan benar-benar memperlihatkan identitas Bali yang mayoritas dihuni oleh masyarakat Hindu. So, tunggu apalagi?

0 komentar:

Posting Komentar