Sabtu, 20 Juni 2015

SULAWESI SELATAN - LUWU TIMUR

DANAU MATANO


Salam guys... Selanjutnya, saya akan menceritakan pengalaman ketika melakukan perjalanan menuju Sorowako... Wahhh, ternyata jarak dari Kota Malili ke Sorowako masih sangat jauh guys... hmmm
Tapi tak apa, semangat untuk traveling masih menyala-nyala nih, walaupun harus melewati 60 km lagi... Dan, sesampai di sana saya berencana akan menginap di rumah dinas senior, yakni kak Ibon yang kebetulan kerja di RS Vale... Wooww, keren nih senior... Thank you kak atas tumpangannya...
Guys, Indonesia pun punya danau yang patut dibanggakan. Salah satunya adalah Danau Matano di Provinsi Sulawesi Selatan. Keistimewaan Danau Matano adalah karena dengan kedalaman 590 meter, maka ia tercatat sebagai danau terdalam di Indonesia dan terdalam ke-10 di seluruh dunia.
Keunikan lain adalah permukaan danau ini jika diukur dari muka air laut, hanya 382 meter. Ini berarti bagian terdalam Danau Matano, lebih dalam dari permukaan air laut atau istilahnya cryptodepression. Asal kamu tahu saja, ya, danau semacam ini juga ada di Danau Laut Mati di Lembah Jordan, Mesir dan Death Balley, Amerika Serikat. Danau Matano adalah salah satu danau utama dari sistem Danau Malili.
Danau Matano adalah rumah bagi banyak spesies endemik ikan dan hewan lainnya. Misalnya udang Caridina , kepiting Parathephusid , dan siput Tylomelania . Ikan-ikan endemik di Danau Matano telah dibandingkan dengan kawanan ikan di Danau Lembah Rift di Afrika. Mereka diperkirakan berasal dari spesies nenek moyang yang sama.
Danau Matano terletak di Sorowako, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Danau ini pun dikelilingi oleh Pegunungan Verbec yang berbatasan dengan Provinsi Sulawesi Tengah dan Provinsi Sulawesi Tenggara.
Nah guys, menarik kan? Lokasi ini tepatnya berada di Pantai Ide... So, mari berpetualang di danau yang unik ini!!!

0 komentar:

Posting Komentar