Senin, 18 Mei 2015

SULAWESI SELATAN - KEP. SELAYAR

GONG NEKARA


Nice to meet you again people... Sekarang, saya akan bercerita pengalaman saya mengunjungi tempat kedua, yakni Gong Nekara... Sebelumnya, saya pengen cerita sedikit dulu mengenai Kep. Selayar...
Saya masih terkagum-kagum menginjakkan kaki di Selayar ini... Maklum, baru maen ke sini om... Sudah melakukan perjalanan sendiri, naik fery sendiri, lihat ikan lumba-lumba, apalagi ya? pokoke seru deh... Tapi, ada satu yang sepertinya agak menghambat guys... Yakni, harga barang-barang di Selayar cukup mahal, gileeee...
Harga hotel-hotel di Kep. Selayar itu, katanya di atas harga 100ribu guys... Saya aja pernah ke Palopo dapat 95ribu... Kalau Selayar? ternyata lebih mahal lagi... ckckck
Belum lagi, waktu saya sewa motor di sini, harganya 70ribu per hari... Makanannya, coto Makassar seharga 18ribu... Aduh mamam, pengen pulang aja rasanya... Untung sudah beli tiket pulang...
So, kalau mau ke Selayar, kudu bawa banyak uang... Atau paling tidak, punya uang di rekening kamu deh... hahahaha
Kembali ke laptop!!! Kita bahas gong nekara lagi ya, hehehe... Tapi btw anyway busway, sudah tau belon gong nekara? Ya udah, dijelasin dululah dikit...
Gong nekara adalah gong perunggu buatan kebudayaan Dong Son, yang terdapat di delta Sungai Merah Vietnam Utara. Gong ini diproduksi pada sekitar 600 tahun sebelum masehi atau sebelumnya, sampai abad ketiga Masehi. Dengan menggunakan metode pengecoran logam yang telah hilang (lost wax method)...
Gong Nekara terbesar di Asia Tenggara dan bahkan tertua di dunia adalah gong nekara yang ada di Pulau Selayar. Menurut informasi dari tetua adat dan penduduk Kelurahan Bontobangun (tempat ditemukannya gong nekara), gong tersebut ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang penduduk dari Kampung Rea-Rea yang bernama Sabuna pada tahun 1686.
Waaaah, keren ya sejarahnya... Tapi sayang guys, waktu ke sana saya tidak bisa melihat secara langsung... Katanya, kalau mau lihat, harus menghubungi pemegang kuncinya... Soalnya gong ini dijaga ketat guys, jadi harus dikunci donkz... So, menarik kan? Makanya, mumpung gratis euy... ^_~

0 komentar:

Posting Komentar