Sabtu, 30 Maret 2019

SULAWESI UTARA - MINAHASA

BUKIT DOA TOMOHON


Assalamu 'alaikum guys, kembali lagi pada kesempatan ini saya akan menulis pengalaman Radi The Explorer. Setelah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo, sekarang saatnya saya mengexplore Sulawesi Utara. Alhamdulillah, perjalanan di Sulawesi akhirnya selesai... Di Sulawesi Utara sendiri, saya mendatangi tujuh tempat wisata yang terkenal. Baiklah, akan saya urai satu per satu pengalaman saat berkeliling di Sulawesi Utara...
Kali ini saya akan menulis tentang Bukit Doa di Tomohon. Tempat ini memiliki banyak sekali nama lain. Namun jangan terkecoh karena tempat yang dimaksud ya cuma satu ini. Nama lainnya antaranya Bukit Doa Manado, Bukit Doa Mahawu, Bukit Kelong, Jalan Salib Mahawu, yaaa pokoknya banyak deh.
Bukit doa ini terletak di Tomohon, kota pegunungan berhawa sejuk yang terletak tak jauh dari Manado yang berjarak sekitar 30 kilometer dari Manado dan dapat diraih dengan berkendara selama 40 menit. Bukit doa ini tampil cantik karena banyaknya bunga yang ditanam disekitarnya (Tomohon dikenal sebagai Kota Bunga) dengan background Gunung Lokon (salah satu gunung berapi aktif di Manado).
Di Bukit doa ini kita bisa menemukan Kapel unik modern bernama Chapel of Mother Mary. Kapel ini biasa dijadikan tempat foto prewedding berkat bentuknya yang unik. Bangunan unik lainnya adalah Amphitheatre yang cukup besar dengan kapasitas sekitar 1500 orang. Amphiteater ini nampaknya sangat recommended bila dipakai sebagai tempat khotbah outdoor, untuk kegiatan gathering, pertunjukan seni atau retreat Kristiani.
Tempat lain yang tak mungkin dilewatkan adalah jalan salib (tempat ini juga dikenal sebagai Jalan Salib Mahawu). Inilah alasan sebagian orang terutama yang beragama Katolik untuk mengunjungi tempat ini. Jalan salib di Bukit Doa Tomohon cukup ramah bagi segala usia dengan rute yang tidak terlalu menantang fisik seperti kebanyakan rute jalan salib di tempat lain. Banyak patung tersebar di perhentian-perhentian Jalan Salib. Namun yang paling eye catching adalah patung Pieta; patung klasik yang menggambarkan tubuh Yesus yang telah wafat di pangkuan Bunda Maria.
Rute Jalan Salib berakhir di sebuah gua Maria yang cukup besar dengan banyak peziarah yang berdoa di depannya. Susunan dari Bukit Doa Tomohon memang menyerupai situs jalan salib di lokasi lainnya.
Lokasi yang bersih, indah, tenang, dengan banyaknya bangunan unik dan akses yang mudah dari Manado menjadikan Bukit Doa Tomohon sayang dilewatkan bila mengunjungi kota ini.
OK Guys, cukup unik dan seru kan perjalanan kita kali ini... O iya, perkenalkan, istri saya Mia Awalul Ikhramiah, biasa dipanggil Mia...
Sekarang kalau mau traveling gak sendirian lagi, sudah ada yang menemani... hehehe
Baiklah, cukup sekian cerita hari ini, semoga bisa bertemu lagi dilain waktu. amin

0 komentar:

Posting Komentar